Cara mendapatkan sertifikat ISO & HACCP

POSTED BY developer | Mar, 16, 2018 |

Dalam dunia bisnis sering sekali kita mendengar nama sertifikasi ISO dan HACCP, tapi apakah sebenarnya yang dimaksud dengan sertifikasi ISO dan HACCP ini? International Organization for Standardization, atau lebih dikenal sebagai ISO, adalah salah satu standar internasional dalam sebuah sistem manajemen untuk pengukuran mutu organisasi. Sedangkan HACCP adalah suatu sistem jaminan mutu yang berdasarkan kepada kesadaran bahwa hazard (bahaya) dapat timbul pada berbagai titik atau tahap produksi tertentu, tetapi dapat dilakukan pengendaliannya untuk mengontrol bahaya bahaya tersebut.Mereka memegang peranan penting dalam mengukur bagaimana kredibilitas perusahaan yang ingin bersaing secara global dan juga adalah salah satu cara untuk meningkatkan sistem manajemen mutunya.

Penerapan ISO dan HACCP bagi suatu perusahaan berrmanfaat untuk :

  1. Memperbaiki manajemen organisasi dengan menerapkan perencanaan, pelaksanaan, pengukuran dan tindakan perbaikan (plan, do, check, act)
  1. Meningkatkan penataan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan dalam hal pengelolaan lingkungan
  1. Meningkatkan daya saing
  1. Meningkatkan komunikasi internal dan hubungan baik dengan berbagai pihak yang berkepentingan
  1. Menjamin keamanan pangan
  1. Dengan berkembangnya HACCP menjadi standar internasional dan persyaratan wajib pemerintah, memberikan produk memiliki nilai kompetitif di pasar global.
  1. Memberikan efisiensi manajemen keamanan pangan, karena sistemnya sistematik dan mudah dipelajari, sehingga dapat diterapkan pada semua tingkat bisnis pangan

Ada beberapa jenis ISO, antara lain :


ISO 9001

Sertifikasi yang berorientasi pada layanan pelanggan dan standar manajemen mutu yang diadopsi pada tahun 2000 oleh International Organization for Standarization (ISO)


ISO 14001

Standar yang menekankan pada persyaratan-persyaratan sistem manajemen lingkungan


ISO 22000

Standar yang berisi persyaratan sistem manajemen keamananan pangan

ISO/IEC27001

Standar sistem manajemen keamanan informasi

ISO/TS16949

Sistem manajemen mutu untuk industri otomotif

ISO/IEC17025

Standar yang berisi persyaratan untuk diterapkan oleh suatu lembaga pengujian atau laboratorium


OHSAS 18001

Sistem Manajemen keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja/perusahaan.

Salah satu elemen penting dalam ISO 9001 adalah sistem dokumentasi. Susunan dokumentasi manajemen mutu menganut aturan hirarki, di mana masing-masing dokumen harus ditetapkan sesuai tingkatan yang diperlukan pada kegiatan Perusahaan. Dokumen yang lebih rendah levelnya mengandung penjelasan klausul-klausul dokumen yang lebih tinggi dan isinya tidak boleh bertentangan.

Sertifikat ISO dan HACCP

Cara mudah mendapatkan sertifikat ISO & HACCP

TAGS :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *