SARIMORI

Kandungan daun Kelor dan manfaatnya – Sering kita mendengar istilah “Dunia tak selebar daun Kelor”. Apa makna dari istilah tersebut? Kira-kira maknanya adalah Dunia ini tidak sempit. Kenapa menggunakan daun kelor sebagai istilah? Mungkin karena daun kelor bentuknya yang bulat dan kecil-kecil. Meskipun daunnya kecil, daun Kelor dan manfaatnya sangat banyak.

 

Kelor merupakan tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Tumbuhan kelor mempunyai nama latin Moringa Oleivera termasuk dalam tumbuhan perdu yang memiliki ketinggian tanaman 7-11 meter.

Tanaman kelor dapat berkembang biak dengan baik pada daerah yang mempunyai ketinggian tanah 300-500 meter di atas permukaan laut. Bunganya berwarna putih kekuning kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau. Bunga kelor keluar sepanjang tahun dengan aroma bau semerbak. Buah kelor berbentuk segi tiga memanjang yang disebut klentang (Jawa). Sedang getahnya yang telah berubah warna menjadi coklat disebut blendhok (Jawa).

Tanaman kelor oleh masyarakat Jawa banyak dimanfaatkan sebagai tanaman pagar yang Kandungan daun Kelor dan manfaatnya sebagai obat-obatan.

Di beberapa daerah di Indonesia tanaman ini memiliki nama lain daun kelor yang berbeda-beda. Tanaman kelor sebutan di Jawa, Sunda, Bali dan Lampung. Nama lain daun kelor di pulau Buru menyebutnya Kerol, orang Madura menyebutnya Marangghi, daerah Flores menyebut dengan Moltong, daerah Gorontalo menyebut dengan Kelo, sementara daerah Bugis menyebut Keloro, masyarakat Sumba menyebut Kawano, orang Bima menyebut Ongge dan Timor-timur menyebut kelor dengan Hau fo.

Kandungan Daun Kelor dan manfaatnya

Berdasakan sebuah penelitian, daun kelor memiliki kandungan senyawa aktif yang diduga berfungsi sebagai obat, yaitu arginin, leusin, metionin dan beberapa senyawa lain. Dengan kandungan senyawa aktif tersebut menunjukkan daun Kelor dan manfaatnya sebagai antidiabet, antioksidan dan antitumor.

Dalam The Miracle of Drumstick Leaves diungkapkan kesetaraan, setiap lembaran kandungan daun Kelor dan manfaatnya sama dengan unsur tertentu buah atau minuman lain.

  • Vitamin C daalam Kandungan Daun kelor dan manfaatnya sama dengan 7 kali vitamin C dalam buah jeruk segar.

  • Kandungan vitamin A Daun Kelor sebanding dengan 4 kali vitamin A dalam buah wortel

  • Daun Kelor mengandung kalsium yang sama dengan 4 kali gelas susu

  • Kalium dalam kandungan Daun kelor dan manfaatnya sama dengan 3 kali kalium dalam pisang

  • Daun kelor mengandung protein 2 kali lipat dari dari yogurt atau protein dalam sebutir telur.

  • Daun kelor mengandung zat besi tiga perempat kali dari yang terdapat pada bayam.

Oleh karena itu, tidaklah berlebihan bila dikatakan bahwa gizi daun kelor mampu memenuhi hampir seluruh kebutuhan gizi manusia.

Daun Kelor dan manfaatnya bagi kesehatan

Berikut ini khasiat dan manfaat daun kelor :

1. Daun kelor untuk diabetes dan kolesterol

2. Khasiat daun kelor untuk asam urat, Reumatik, Nyeri dan Pegal Linu

3. Kesehatan Mata

4. Kandungan daun Kelor dan manfaatnya sebagai obat sakit mata

5. Susah buang air kecil

6. Daun Kelor dan manfaatnya sebagai obat cacingan

7. Daun Kelor dan manfaatnya untuk alergi

8. Herpes (kurap), Bisul, dan Luka bernanah

9. Untuk meredakan panas/demam anak

10. Menghilangkan flek pada wajah

11. Menghancurkan batu ginjal

SARIMORI

Salah satu Obat Herbal yang mengandung 100% daun kellor, bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan Obat tradisional yang digunakan untuk membantu meredakan pegal linu.

Translate »