IMUNO HEPAR

Curcuma xanthonirriza atau kita kenal dengan tumbuhan temulawak. Tidak asing lagi bukan dengan tumbuhan yang satu ini, yaitu salah satu tumbuhan obat-obatan dan merupakan jenis tumbuhan temuan ini memang banyak sekali dapat kita temukan di negara indonesia. Sejak zaman dulu kala, memang temulawak ini salah satu tumbuhan herbal yang dapat mengatasi berbagai masalah penyakit dan gangguannya.

Khasiat Temulawak untuk Menambah Nafsu Makan

Zat yang terkandung dalam temulawak banyak memiliki kandungan yang sangat berguna untuk tubuh. Diantaranya zat herbal seperti, Abu, kurkumin, minyak asirin, pati, phelandren, protin, serat, dan tumerol. Maka tidak heran bukan, kenapa temulawak ini dapat digolongkan dalam jenis tumbuhan yang berguna untuk mengatasi berbagai penyakit.

Dari sebuah penelitian, zat yang terkandung dalam temulawak sangat ampuh untuk menangkis berbagai macam penyakit. Meningkatkan sistem imun tubuh, dan menjaga kestabilan tubuh tentunya. Tidak hanya itu, temulawak ini juga dapat menjaga kesehatan tubuh anda agar tubuh Anda tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Zat yang terkandung dalam temulawak untuk meningkatkan nafsu makan ini disebut zat curcuma atau zat kurkumin. Zat yang terkandung di dalamnya berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan terhadap seseorang. Untuk itu, mari kita lihat apa sajakan manfaat temulawak ini terhadap tubuh kita. Diantaranya:

  • Menjaga daya tahan tubuh supaya tidak mudah terjangkau berbagai penyakit

  • Mempercepat pemulihan setelah masa sakit

  • Sangat baik untuk perkembangan dan pertumbuhan otak anak-anak

  • Memulihkan stamina tubuh

  • Melancarkan sisitem pencernaa tubuh

  • Membantu terhadap pembuangan racun atau toxin dalam tubuh.

Temulawak juga sangat baik untuk menjaga ataupun memelihara kesehatan hati. Hal ini disebabkan karena temulawak mengandung katagoga yang dapat membantu hati untuk memproduksi empedu dan memberikan rangsangan untuk mengosongkan empedu sehingga hati dapat terjaga kesehatannya. Selain itu, adanya kandungan minyak atsiri dalam temulawa juga dapat membantu sel-sel hati yang mengalami kerusakan untuk melakukan regenerasi.

Kerusakan hati tersebut umumnya disebabkan oleh racun yang berhasil masuk ke dalam tubuh. Minyak atsiri juga berfungsi untuk meningkatkan produksi getah empedu. Berbagai senyawa yang terkandung dalam minyak atsiri ini juga berfungsi untuk membantu fungsi kerja hati agar lebih optimal. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati, kandungan minyak atsiri dalam temulawak juga berfungsi sebagai zat antikanker. Dengan begitu, temulawak juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati kanker, terutama kanker payudara dan kanker hati.

Translate »